Skip to main content

Makassarku.Makassarnu.Makassarta #1

Bisa pergi liburan atau sekedar anjangsana ke Makassar itu adalah cita-cita kedua saya setelah masuk surga *yakali cul*. Berawal dari kunjungan mereka di taun 2008 –dan meninggalkan kesan tersendiri buat saya dan teman-teman—bikin saya pengen banget bisa juga main ke Makassar. Taun 2008 lewat. Taun 2009 pas mereka dateng untuk kedua kalinya juga lewat. Sampe akhirnya, Tuhan menurunkan barokah dan hidayahnya di taun 2010 ini. Taun keramat. Kalo orang lain nikah di 2010, saya justru tidak. Selain karena belum berpasangan *gigit jari*, saya dikasih kesempatan buat akhirnya menginjakkan kaki serta melambaikan tangan di Makassar.

Berawal dari telisik dan selidik jadwal rutinitas sehari-hari. Didapat bahwa periode 18-29 Oktober 2010 adalah masa-masa UTS, yang artinya kehadiran saya yang notabene sebagai fasilitator CML tidak dibutuhkan. Lalu tiba-tiba… eureka! Kayanya seru kalo saya pake buat liburan a.k.a lari dari kenyataan. Makassar. Kata yang satu itu selalu terngiang sempurna di benak saya *najis lu cul*. Cuman didapati masalah bahwa gaji saya belum turun dan itu artinya, saya berkendala di masalah biaya. Sebenernya sih, Bapak saya yang ketje itu pernah menjanjikan saya boleh liburan kemana aja (asal ngga jauh-jauh dari Jakarta) setelah saya merampungkan skripsi. Waktu itu sih saya ngebetnya pengen banget ke Jogeja. Yang langsung dimentahkan oleh Ibu. Katanya ngga usah jauh-jauh ke Jogeja. Ke bandung aja. Dan saya bengong. Ngapain juga di Bandung? Pernah saya bilang juga ke Bapak saya, kayanya seru kalo bisa ke Makassar. Beliau sih setuju-setuju aja. Karena saya kan lengkap tuh nyeritain tentang temen-temen di Makassar yang katanya bakal nyedian tempat penampungan kalo seandainya temen-temen dari Jakarta mau main ke sana.

Sampe akhirnya yang tadi saya bilang, datanglah periode UTS tadi. Lumayan kan 2 minggu kosong. Pelan-pelan, saya cari dukungan dari Bapak. Bapak oke. Ijin dapet. Apalagi sebelum periode UTS itu, sepupu saya berkunjung ke rumah, dan membawa pertanda baik. Dia dan istrinya baru pindah ke Makassar! Ahui. Makin punya alesan aja saya buat membujuk-bujuk supaya dibolehin ke sana. Lagi-lagi, mentok di Ibu. Beliau tetep ngga mau denger apapun tentang pergi ke Makassar. Adaaaa aja alesannya. Dari mulai cuaca ngga bagus, Makassar biang rusuh, Makassar jauh, dll. Saya pun mulai sebel. Karena begini, kalo ngga bisa pas 2 minggu itu, artinya baru bisa pas libur UAS. Itu sekitaran desember dan tanggal-tanggal segitu, tiket mahalnya ajegile. Peak season. Saya juga udah kroscek-kroscek harga tiket, dan tiket masih mahal sampe sekitaran akhir Januari. Berarti yang visible adalah Febuari. Alasan bijaknya adalah, taun depan saya menargetkan udah harus dapet kerja atau setidaknya focus di situ. Ngga ada waktu lagi buat leha-leha. Sessa, my partner in crime, juga takutnya udah mulai sibuk dengan segala aktivitas narinya, plus rencana S2 nya. Alesan singkatnya sih, kelamaan men nunggu pebuari.hehe

Sambil menyelam minum jus. Itu yang saya lakukan di minggu pertama libur UTS. Sambil browsing-browsing harga tiket, nyari-nyari info kapan turun gajian, sampe nyari cara buat pelan-pelan membujuk Ibu. Sessa juga saya minta nelfon ke rumah buat membangun rapport yang baik, untuk kemudia menyinggung perihal liburan yang berujung ke Makassar. Pokonya ini rencana intinya tarik ulur tarik ulur deh. Sessa sih ngikut aja. Kapanpun saya bisa, insyaallah dia juga bisa, katanya. Nah, berarti kan keputusan ada di tangan saya. Tangan ibu saya maksutnya. Dari yang tadinya optimis, pesimis, optimis lagi, pesimis lagi, sampe bau amis. Sampe saya sms sessa, ‘kalo ngga jadi minggu depan, ikhlas ya?’

Saya juga nanya ke adek saya, kenapa sih ibu segitu ngga ngijininnya. Eeeh kata adek saya, ‘Lah, waktu Mbak Sessa nelfon, Ibu ngijinin-ngijinin aja kok. Katanya nanti diomongin lagi.’ Tapi masalahnya semenjak peristiwa telfon itu, ngga ada yang ngebahas di rumah. Sayapun mangkin mangkel. Nah, pas hari Kamis tanggal 21 Oktober, saya minta Sessa buat browsing harga tiket. Ternyata ada tuh yang murah buat PP. Saya lega. Cuma ya itu tadi, masalah ijin belum kunjung turun. Berbarengan dengan kepastian gaji yang ngga pasti-pasti turunnya kapan.

Hari Sabtu, 23 Oktober , pagi.

Saya mulai mengumpulkan niat buat bilang ke Bapak. Kata Bapak, ‘Ya bilanglah ke Ibu.’ Tapi boro-boro bilang. Baru mau ngomong, Ibu juga langsung melengos. Sabtu siang, saya minta dianterin ke kantor Bapak buat internetan. Ngecek harga dan kesediaan tiket. Tapi masih belum berani booking. Eh ternyataa yang jaga ruangannya ngga masuk. Jadilah saya ngga bisa masuk. Pulang-pulang cembetut. Dan Ibu ngeliat. Ngiranya, saya cembetut karena ngga diijinin ke Makassar. Serta merta, meledaklah omelan Ibu. Omelan berkisar pada Makassar jauh, naik pesawat bahaya, cuaca ngga bagus, Makassar rusuh. Ooooh satu lagi: ‘Ibu ngga ngerti deh sama Mbak. Segitu ngototnya pengen ke Makassar.’ Padahal udah sering diceritain berulang kali kenapa saya pengen banget ke sana. Dan omelan itu berujung pada: ‘Terserah Mbak kalo mau pergi. Jangan sampe nanti Ibu dibilang ngalangin anaknya mau pergi. Sana pergi. Liburan sana. Awas kalo ngga pergi. Ibu malah marah’

Nah lu.

Saya liat-liat-liatan sama Bapak, dan toss. Sayapun sms sessa: ‘ Berangkaaaaaaaat!’

Sore, saya ke warnet. Browsing tiket dan…lemes.

Tiket-tiket promo udah pada abis.

Batas harga tiket yang saya bilang ke Bapak adalah 1,1 juta. Lebih dari itu, bisa dipastikan saya ngga akan dikasih. Pontang-panting cari dari segala penerbangan, akhirnya dapet juga. Pas mau booking, ngga taunya system pembayarannya rempong. Harus pake kartu kredit. Hadoooh mana saya punyaaaa. Ada juga kartu kuning noh buat ngelamar PNS. Bulir peluh mulai merembes di pori-pori jilbab. Membuktikan kalo kain memiliki daya kapiler yang baik.

Masih dalam misi pencarian tiket sendirian, karena si sessanya lagi latian buat show. Akhirnya dapet tuh, penerbangan Dari Sri****wijaya. Tiket terjangkau. Sesuai bajet. Buat berangkat tanggal 26 Oktober, tapi jam 5.30 dan pulang tanggal 1 November.

Waduh. Tanggal 1 saya harus masuk kelas. Tapi yaudahlah yaaa, ngga perlu waktu lama buat mengambil keputusan: cari fasilitator pengganti.

Tiket udah beracil di booking. Pembayaran melalui atm BCA. Nah loh. Sape lagi yang punya atm BCA?

Di rumah adanya Mandiri sama BNI. Saya coba Tanya ke Hanum, mamanya ada ternyata. Eh tapi ngga lama Sessa ngabarin kalo Ayahnya juga pake atm BCA. Yaudah, akhirnya minta tulung bayarin lewat atmnya beliau. Pembayaran ngga boleh lebih dari 2 jam setelah waktu booking. Oh mijon maaf banget om tante saya harus merepotkan. Waktu booking 16.39, artinya batas pembayaran adalah 18.39.

Sekitaran jam setengah 6, Tante Mamah (Mamanya Sessa) nelfon, katanya ngga bisa bayar lewat atm. Ngga nemu menu buat pembayarannya. Saya coba telfon call center Sriwijaya, nanya step pembayaran melalui ATM. Saya telfon tante mamah, kata beliau, nanti dicoba lagi. Pas Magrib, tante Mamah ngabarin lagi, katanya masih ngga bisa dan beliau harus sholat dulu. Ya masa orang mau solat dilaraang. Tapiii saya tetep deg-degan juga karena kalo lewat bates booking, bisa dipastikan kita batal ke Makassar karena saya ngga yakin bisa dapet tiket lagi.

Suer saya dugdugser selama nunggu kabar dari Tante Mamah.

Jam 18.30an, ternyata tante Mamah sms, ngasih kabar kalo pembayaran berhasil. Alhamdulillaaaah ya Allaaaaah! Selasa, 26 Oktober 2010, penerbangan ke Ujung Pandang, jam 5.30.

Naaah, masalahnye lagi, temen-temen di Makassar juga belum ada yang tau perihal keberangkatan kami.Saya sama Sessa juga agar kuatir. Takutnya kita udah susah-susah ke sana, ngga taunya temen-temen pada ngga ada di sana. Setelah melalui seleksi dan pertimbangan yang ketat, diputuskan bahwa saya akan memberi tau Anchu. Eeeh pas dikasih tau, Anchu nya kegirangan banget. Haha. Saya jadi ngga sabar pengen tau gimana reaksi temen-temen di sana. Di Jakartapun belum ada yang tau. Saya masih ngga berani bilang karena waktu itu selain belum pasti, takut bocor juga ke temen-temen di Makassar. Saya sama Sessa pengen aja bikin kejutan dan pastinya bikin kaget.Haha.

25 Oktober, sore.

Saya dan hanum bercengkrama di sms. Saya cerita soal Ibu yang akhirnya malah nyuru berangkat. Kata Hanum, ‘ya wajarlah cul. Namanya orang tua khawatir anaknya pergi jauh gitu. Ngelewatin berapa pulau tuh.’ Dan saya bingung. Kok berapa pulau? Bukannya Cuma ngelewatin Kalimantan aja ya? Hanum pun ketawa. ‘ Cul, Sulawesi itu udah deket Papua.’ Glek. Sayapun langsung nyari peta, dan bener ajeeee lhooooo. Itu ngelewatin beberapa pulau dan jauh! Sayapun lemes. Mengerti, kenapa Ibu saya kuatir

*fyi, saya baru sekali naik pesawat, dan itu Cuma ke jogeja. Penerbangan kedua ini, Cuma berdua temen, ngelewatin laut pula*

D-day. 26 Oktober 2010.

Tanggal 25 Oktober, entah kenapa, Jakarta kompakan macet dimana-mana. Ada yang kejebak sampe 8 jam. Ada yang baru sampe rumah dini hari, ada yang katanya naik taksi sampe sejuta. Take off jam 5.30 pagi artinya kudu check in 1 jam sebelumnya. Berarti jam setengah 5 harus ada di bandara. Saya sama Sessa sempet dapet kabar katanya sekitar jam 2an dini hari, jalanan masih macet. Om Ayah juga maunya kita berangkat setelah solat subuh dulu. Agak was-was juga sih. Takut ngga keburu. Cuma akhirnya kita berangkat juga sih sekitaran jam 4 kurang kalo ngga salah. Dan jalananpun lengaaaaaaaang. Nyampe di bandara jam 5. Langsung check in dan masih sempet solat subuh.

Sampe di Makassar jam 9. Langsung dijemput sama sepupu saya.

Keluar dari pesawat, saya sama Sessa Cuma bisa cengar-cengir. Kalo saya sih cengar-cengirnya udah dari dalem pesawat. Saya langsung sms Anchu, ngabarin kita udah sampe. Ngabarin orangtua juga. Sisanya ngga.

DI perjalanan ke rumah sepupu, Anchu nelfon, minta maaf ngga bisa jemput dan nanyain gimana rencana buat nanti. Saya bilang sih, saya sama Sessa mau istirahat dulu, makan, mandi, baru ketemu anak-anak. Saya minta Anchu buat jemput ke rumah sepupu dan minta Ka Dana buat ikut jemput juga. Pas udah di rumah sepupu dan udah siap, Anchu ngga bisa dihubungin. Kebingungan. Akhirnya saya nekat nelfon Ka Dana yang lagi mandi dong ternyata. Haha. Ka Dana pun belum tau kita datang.

Pas dikampus, pas Anchu ngajak ka Dana, ternyata Ka Dananya udah curigesyen gitu. Lantas sms saya, ‘gw pura-pura ngga tau aja bundaaaaaaaaa’

Sekitar jam 2an, mereka datang jemput. Tergambar dengan jelas muka-muka girang penuh haru karena kedatangan kami *cih pede bener lu cul* Apalagi ka Dana tuh. Nyengir mulu bawaanya. Naik motor di jalan juga nengak-nengok mulu. Tujuan kita: kampus. Ketemu anak-anak. Katanya sih anak-anak pada ada di kampus. Suer takewer-kewer deh saya juga deg-degaaaan bangettttt.

Sampelah kita di kampus Psikologi UNM. Dan langsung ke kantin.

Sumpaaaaaah sampe sekarang saya masih senyam-senyum sendiri kalo inget gimana ekspresi mereka pas liat saya sama Sessa datang. Mereka bener-bener kaget dan speeclesh. Ada yang bengong. Ada yang geleng-geleng. Ada yang kaya orang bingung. Itu harusnya direkam banget tuh. Saya (dan mungkin Sessa) sampe ngga bisa ngomong apa-apa juga. Cuma bisa senyum. Pegel banget ini pipi Cuma bisa nyegir. Puas. Rencana saya sama Sessa beracil!

Setiap ada yang datang dan ngeliat kami, pasti langsung kaget. Trus heboh. Haha. Waktu itu seinget saya ada Ai, Dico, Melky, Chiwank, Accunk, Cippe’, Dajju, sape lagi ye. Rame dah ujung-ujungnya. Jadi pada ngumpul. Masih dengan ekspresi muka mereka yang ngga percaya. Saya juga masih ngga percaya sih akhirnya bisa sampe sana juga. Liat sendiri kampus dan kantin mereka. Biasanya kan Cuma dikasih tau lewat sms, lagi di kantin atau di kampus. Sekarang bener-bener bisa liat sendiri. Ikut ngumpul disana. Plus ngasih kejutan. Itu bener-bener bikin mereka terkejut deh. Saya sama Sessa juga dikenalin ke temen-temen yang lain. Ada Rajan, Sabir, Gumank, mmmm, siapa lagi ya. Sumpah, kemampuan saya dalam mengingat nama orang emang agak parah. Haha.

Anak-anak bilang pokonya kita bakal jalan-jalan. Menikmati 7 hari saya dan Sessa di sana. Saya dan Sessa nurut aja.

Itulah sekelebat cerita pembukanya. Sampe juga di Makassar.

Sebenernya agak rempong deh cerita lewat sini. Enakan cerita langsung. Tapi nggapapa deh. Biar ada bukti otentiknya.Hehehe. Cerita selanjutnya tentang perjalanan, seneng, bĂȘte, sedih, seru-seruan di Makassarnya menyusul yaaa. Semua tergantung mood saya.hehe

Dan oh iyaaa, lupa. Akhirnya saya dan Sessa sms temen-temen di Jakarta buat ngabarin. Begini bunyinya ‘Hallo, saya Ticul dan saya sekarang sedang berada di Makassar’

:p

Popular posts from this blog

Yesterday(s) and tomorrow(s)

Kalimat yang paling sering terdengar adalah: ‘waaah, ngga kerasa ya udah mau ganti taun’ PrĂȘt. Apenye ngga berasa. Buat saya mah taun 2010 ini berasa banget. Awal taun ini , dimulai dengan semangat membara buat bikin skripsi sebagai salah satu syarat buat lulus jadi tukang sarjana. Dan semangat itu naik turun nukik nyungsep naik dikit nukik lagi sampe bulan Juni, dimana akhirnya saya bisa kasih hadiah ulangtaun ke diri sendiri dengan bisa sidang sekripsi di tanggal 23 Juni 2010. Well, proses pembuatan sekripsi itu bener-bener pengalaman yang amit-amit ngga bakalan mau saya ulang. Bener-bener mengurasa tenaga, air mata, dan tabungan pastinya. Ya bayangin aja. Saya jadi sering kram karena setres. Dan yang bikin kramnya juga gga penting banget. Cuman karena garuk punggung, atau ngangkat tas, atau nunduk pas mau masuk angkot. Dan setelah sidang+skripsi, semuanya ilang. Saya juga takjub. Selain itu, skripsi juga sering bikin saya jadi angot-angotan, gampang marah, tumbuh jerawat , banyak m

Between blood, wall, and myself.

Hubungan gw dan darah selama sebulan ini sangat erat. Ketika gw tespek dan hasilnya muncul 2 garis, gw ngga bisa ambil adegan kaya kebanyakan pasutri yang baru nikah dan girang karena hasilnya positif. Hence, gw malah bengong. Because prior to that result, gw bleeding yang gw kira datang bulan. Kalau ternyata ada hasil garis 2, kenapa beberapa hari sebelumnya gw berdarah? Dan dari sanalah semuanya bermula. Selang sehari setelahnya, gw dan Irwandi memutuskan ke obgyn. Dokter pertama, menanyakan udah berapa tespek yang gw pakai. Gw bilang 3. Trus dia intinya bilang ya kalo udah ada hasil tespek, hasilnya berarti positif. Toh gw udah telat haid juga. Then gw kembali mengulang info yang sepertinya dia ketelisep, bahwa haid terakhir gw adalah 5 Juni, bukan 5 mei. Langsung dokter meralat ucapannya. Beliau bilang, berarti ada sesuatu. Yang dalem hati gw sautin that's why we're here, Sir. Beliau melakukan pemeriksaan usg transvaginal. Yang belum nikah dan belum tau, sila

Jantung yang bikin jantungan.

Waktu tau papihe ada sumbatan di jantung, saya jelas keliatan takut, sedih, kepikiran yang aneh-aneh. Tapi semalem pas tau ternyata ada pembengkakan di jantung Ibu dan ternyata sebelumnya Ibu pernah serangan tapi ngga nyadar, saya ngerasa blank. Sampai rumah sambil beberes tetiba air mata ngalir. Pun pas bangun salah pagi, abis siapin bekal Ayahnya Byan, saya rebahan trus air mata ngalir gitu aja. Rasanya ternyata lebih sakit kalo pas tau Ibu sakit.