Skip to main content

Dari Nona ke Nyonya

atau dari karyawati menjadi ibu rumah tangga.

Keduanya sama-sama butuh proses, sama-sama butuh banyak belajar.
Sama-sama butuh ilmu ikhlas.

Pernah denger ada temen yang bilang 'pengorbanan lo buat Byan itu luar biasa'
Kucuman bisa bilang alhamdulillah.
Sambil senyum dikit. Walaupun ada sebagian diri yang sesak.

Rasanya pengorbanan itu terkesan ada pihak lain yang merasa tersiksa (haha!) while gw sangat menikmati perjalanan ini.

Let me tell you a short (not sure) story then..

Pas jaman-jaman kecil itu, keluarga gw bisa dibilang hidup berkecukupan. Dalam artian, pas mau makan, berasnya ada. Cukup. Ngga berlebih. Walaupun lauknya kadang indomie, somay abang-abang lewat, sop, atau bakso (abang-abang lewat juga). Papihe kala itu punya dompet isinya kartu nama, ktp, sama fotonya Mbak Kakung dan Mbah Putri. Jarang banget gw liat ada duit disana. Yang belakangan gw tau kalo semua gajinya ya udah dikasih ke Ibu. Plus potongan cicilan rumah.

Jarak rumah ke kantor kurang lebih 1,5km. Jadi Papihe pp naik sepeda. Kalo pas istirahat siang ya alhamdulillah bisa pulang, makan dirumah, bahkan tidur siang dulu. Jadi otomatis ngga ngeluarin duit apa-apa.

Untuk urusan pendidikan, nomor 1 buat Papihe. Gw masuk sekolah yang pada jamannya cukup bagus dengan ajaran agama yang cukup kental. Gw ada di lingkungan anak-anak yang bisa dibilang keluarganya berada. Yang dianter jemput naik mobil atau ikut jemputan kaya gw. Bedanya rumah mereka gede-gede.

Kalo pas bagi rapot, lapangan parkir udah kaya pameran mobil. While mobil gw kala itu adalah mobil trungtung, gw lupa jenis apa keluaran mana. Kaya mobil carry yang suka buat angkot itu tapi lebih kecil. Daaan suaranya berisik banget, makanya kita bilang itu mobil trungtung, sesuai bunyinya.
Pas mobil dijual, ganti jadi motor Honda Win, yang entah kenapa dulu juga terlihat motor biasa aja.

Untungnya, saat SD itu gw ya rada pinter lah. Selalu masuk kelas unggulan. Jadi masih punya temen dan bangga, punya temen karena pinter. wkwk
Lanjut ke SMP, SMA, sampai persiapan mau kuliah. Selalu ditargetin masuk sekolah yang daya saingnya tinggi supaya bisa nyiapin diri buat masuk kuliah di PTN paporit.

Dan gw berhasil.
Masuk jurusan dan kampus yang emang dipengenin dari lama.
Psikologi Universitas Indonesiaku tercyintah.

Lulus dari sana, niatin harus kerja di perusahaan asing. Bukan apa, duit buat les bahasa inggris ngga ada. Jadi mikirnya kalo kerja disana pasti kan bakal terbiasa dan terlatih speak speak English.

Meskipun sempet jobless 1 bulan, akhirnya diterima juga di kantor yang sesuai keinginan.
Dan tujuan gw pun tercapai. Seiring berjalannya waktu, scope gw mulai regional dan ada di tim regional. Dari mulai tiap weekly call selalu didikte bos harus jawab apa, sampe udah bisa disuru ngewakilin tim Indo buat meeting. Bahkan pas terakhir resign pun, dibikinin acara farewell di Bangkok sama bos tercyinta.

Ngga cuman itu. Gaji yang pas masuk cuman 2 juta (iyes, lulusan ui digaji 2 juta) dan status outsource, pas resign alhamdulillah udah lumayanan. Pas keterima di kantor baru pun alhamdulillah dengan nominal yang lumayan.

Single. Gaji lumayan. Bisa beli apa aja yang di mau. Bisa ajak keluarga pergi, makan, liburan nginep-nginep, ogut yang bayarin.

Rasanya happy.

Sampai akhirnya nikah dan punya anak kecil bulet yang manggil gw Ibu(n).

Dari dulu di pikiran gw udah tertanam, bahwa kalo mau jadi wanita karir, gw akan membayangkan diri gw all out. Gw akan enjoy dateng pagi pulang malem meeting kerjaan ngumpul ngobrol sama temen-temen. Sementara kalo udah jadi Ibu berarti gw akan stay dirumah dan fokus sama rumah.

Setahun semenjak ada Byan, gw coba untuk jalanin peran ganda dan rasanya semua kerjaan, meeting, kerjaan, jadi ngga ada gregetnya lagi di gw. Gw cuman jalanin ritual berangkat pagi, kerja, nunggu jam pulang dan nunggu gajian. Udah. I chose to play safe. Dan itu terus berjalan sampai ketemu momen Byan sakit lah, Byan rewel lah, Byan dirumah tetiba nangis tapi pas Video Call langsung tenang.

Belum lagi tanggung jawab ke Suami.
Rasanya terlalu terbagi-bagi.

Lebih dari itu, rasanya gw udah ga napsu lagi buat ke kantor.

Betul adanya jika semua itu ada konsekuensinya.

Ketika akhirnya gw memilih dan suami mengijinkan untuk gw kembali ke rumah, ternyata banyak banget 'culture shock' nya. Penghasilan, jelas. Dari yang biasanya bisa beli ini itu jadi mesti belajar buat milah milah mana yang perlu dan ngga.

Dari yang biasa tampil rapih, ini sehari-sehari jadi cuman dasteran.
Dari yang biasa ngobrol sama banyak orang, jadi cuman berduaan aja sama anak kicil dirumah.
Paling banter ke kang sayur deh buat belanja dan sedikit ngobrol sama ibu-ibu. Itu juga sekalian nyari inspirasi mau masak apa.

Belum lagi kadang sekelebet cuitan orangtua yang nyuru kerja lagi aja.
Men, rasanya tuh kek pengen meledak ini kepala hahaha.

Gw ternyata harus mengakui kalo perjalanan dan proses ini ternyata battle yang sesungguhnya.
Jagain anak sakit ketika diri lo sendiri lagi sakit.
Kepingin sesuatu tapi harus tahan-tahan dulu.
Kangen temen-temen tapi ngga tega ninggal anak.

Sampai akhirnya gw nemuin titik nol gw. Byan.
Dia cuman bisa nyariin gw pas laper, aus, sakit, ngantuk, mau main.
Kalo pas sakit dll wajar lah ya.
Tapi ada masanya dia emang cuman pengen ndusel-ndusel aje gitu. Ngga peduli ini ibunya belum mandi belum ganti baju atau bokek (wekekek). Dia liat gw, senyum, trus main lagi.
itu rasanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......

sorga.

Jadi kalo ini dibilang pengorbanan, kurasanya kurang sreg. Ibu ibu lain yang bekerja juga berkorban banyak buat anaknya.
Gw lebih suka ini dibilang perjuangan.
Proses belajar.
Proses buat nemuin diri sendiri.
Karena sekarang peran gw adalah orang tua, seorang ibu. Jadi center of everythingnya adalah anak.

Ngga gampang pasti.
Seringnya malah ngerasa kaya kehilangan identitas.

Tapi ini kayanya pilihan yang gw ga bakal sesali.
Kalo dulu semua bisa dinilai dari nominal, sekarang liat Byan sehat dan mau makan aja udah girang banget. Walaupun ya tetep ye, duit juga penting sih buat bulanan. hahaha. Yaaa sekarang lagi coba sembari jualan dikit-dikit sekalian belajar.
Walaupun ngga seberapa, tapi alhamdulillah.

Ini battle ku, mana battle mu?

Comments

Popular posts from this blog

Yesterday(s) and tomorrow(s)

Kalimat yang paling sering terdengar adalah: ‘waaah, ngga kerasa ya udah mau ganti taun’ PrĂȘt. Apenye ngga berasa. Buat saya mah taun 2010 ini berasa banget. Awal taun ini , dimulai dengan semangat membara buat bikin skripsi sebagai salah satu syarat buat lulus jadi tukang sarjana. Dan semangat itu naik turun nukik nyungsep naik dikit nukik lagi sampe bulan Juni, dimana akhirnya saya bisa kasih hadiah ulangtaun ke diri sendiri dengan bisa sidang sekripsi di tanggal 23 Juni 2010. Well, proses pembuatan sekripsi itu bener-bener pengalaman yang amit-amit ngga bakalan mau saya ulang. Bener-bener mengurasa tenaga, air mata, dan tabungan pastinya. Ya bayangin aja. Saya jadi sering kram karena setres. Dan yang bikin kramnya juga gga penting banget. Cuman karena garuk punggung, atau ngangkat tas, atau nunduk pas mau masuk angkot. Dan setelah sidang+skripsi, semuanya ilang. Saya juga takjub. Selain itu, skripsi juga sering bikin saya jadi angot-angotan, gampang marah, tumbuh jerawat , banyak m

Between blood, wall, and myself.

Hubungan gw dan darah selama sebulan ini sangat erat. Ketika gw tespek dan hasilnya muncul 2 garis, gw ngga bisa ambil adegan kaya kebanyakan pasutri yang baru nikah dan girang karena hasilnya positif. Hence, gw malah bengong. Because prior to that result, gw bleeding yang gw kira datang bulan. Kalau ternyata ada hasil garis 2, kenapa beberapa hari sebelumnya gw berdarah? Dan dari sanalah semuanya bermula. Selang sehari setelahnya, gw dan Irwandi memutuskan ke obgyn. Dokter pertama, menanyakan udah berapa tespek yang gw pakai. Gw bilang 3. Trus dia intinya bilang ya kalo udah ada hasil tespek, hasilnya berarti positif. Toh gw udah telat haid juga. Then gw kembali mengulang info yang sepertinya dia ketelisep, bahwa haid terakhir gw adalah 5 Juni, bukan 5 mei. Langsung dokter meralat ucapannya. Beliau bilang, berarti ada sesuatu. Yang dalem hati gw sautin that's why we're here, Sir. Beliau melakukan pemeriksaan usg transvaginal. Yang belum nikah dan belum tau, sila
 I never thought that loving someone could be this painful.  Diam ketika semestinya bisa berteriak.  Menangis dalam diam ketika semestinya bisa menggerung.  Tetap ada disana ketika semestinya bisa berpaling dan menjauh.  Bukan pisau yang melukai, justru bentakan yang meluluh lantakkan.  Memutuskan untuk tetap bertahan dan seolah tak perduli ternyata bisa sebegitu menggerus hati.  Membuat tangis tak lagi hanya berupa air mata.  Dan bodohnya adalah keinginan itu tetap ada.  Untuk diam-diam mendoakan. Menyisihkan sebagian jerih payah untuk mewujudkan suatu keinginan.  Bukankah itu yang dinamakan mencintai? Bukankah mencintai dan melihat yang dicinta bahagia adalah tujuannya?